Intanraras area

Intanraras area

Senin, 17 Januari 2011

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Hei teman-teman hihi..pasti yang ada difikiran kalian pas buka blog aku "Narsis" ya? heheh..yah inilah aku..hoby banget difoto. Dalam keadaan apapun difoto siap siaga. Mau pake kamera hp, poket, SLR, DSLR, atopun yang lainya..hemmm...

Banyak yang beranggapan bahwa para potografer memotret dengan kamera besar. Sebagian beranggapan bahwa kamera yang digunakan adalah kamera SLR.padahal jangan salah loh...sebagian besar atau malah hampir sluruh potografer memotret menggunakan kamera DSLR...mau tau perbedaan Kamera SLR dan kamera DSLR?cekidot teman...

Kamera SLR singkatan dari Single Lens Reflex atau kalau di bahasa Indonesiakan kurang lebih artinya Kamera Refleks Lensa Tunggal. Nah kalau DSLR tinggal kamu tambah aja di depannya kata Digital jadinya Digital Single Lens Reflex atau Kamere Refleks Lensa Tunggal Digital.

Nah yang membedakan hanya cara kerjanya saja, kalo SLR menggunakan film sedangkan DSLR menggunakan sensor elektronik (CMOS atau CCD).
Kalau soal kualitas gambar, untuk SLR sendiri cenderung sama karena menggunakan film dan antara satu film dengan film lainya relatif sama dan tidak ada perbedaan, yang membedakan hanya jumlah kapasitas dari hasil jepretan tergantung jumlah isi film dan satu lagi tergantung dari lensa sendiri yang digunakan. sedangkan kualitas untuk DSLR tergantung dari tipe dan kelasnya serta tergantung lensa yang dipakai. untuk jumlah hasil jepretan yang diperoleh itu tergantung dari besarnya memory yang digunakn dalam kamera.

Keunggulan DSLR antara lain, kita bisa ganti-ganti White balance (color temperature) dan ISO sesuka hati dan merekam dengan pixel (picture element / elemen dasar dari film).
sedangkan keunggulan dari SLR yakni hampir mampu menangkap seluruh warna yang diantulkan oleh matahari juga cukup sensitive. Kamera SLR merekam dengan film negative berwarna , slide flim positif dan hitam putih.

1 komentar: